Welcome To SMK Negeri 1 Bintan | SKANSA

Login Member

Register | Forgot password?
AGENDA KEGIATAN
19 September 2018
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
LINK
Merakit PCRadio Skansa Bintan FMUjian Online Padamu NegeriPas SMKDapodikInfo tentang Olimpiadebuku sekolah elektronikedukasi
STATISTIK
  Visitors : 222778 visitors
  Hits : 4847 hits
  Today : 18 users
  Online : 2 users
Administrator: pandawa55
Waka Kurikulum: nuraisyah
Waka Humas: hendrianto
SKANSA VOTE
Bagaimana Pendapatmu Tentang Ujian Nasional Online !!
Sangat Setuju
Setuju
Ya...Boleh lah
Belum Saatnya
  Lihat
Fitur apa yang paling anda sukai dalam Web ini?
Profil Sekolah
Info Sekolah
Konten Berita
Konten Artikel
Materi pelajaran
Video
  Lihat

Tips Belajar yang Efektif

Tanggal : 19/09/2010, dibaca 18937 kali.
Musim liburan sudah berlalu sekarang waktunya balik lagi ke sekolah.
Ada baiknya kamu buat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Persiapannya itu bukan hanya masalah buku tulis atau baju seragam saja, bahkan ada yang lebih penting lagi.

Pertama, tentukan target kamu di semester ini apa trus buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.

Nah, supaya target belajarmu lebih cepat golnya,
Kalian udah baca kan artikel Cara belajar Efektif yang kemarin? sekarang simak deh tips-tips dari teman kamu di seluruh dunia soal belajar yang efektif.


1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya.
Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3. Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya!

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran.
Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut.
Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah.
Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali.
Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

Memang bingung ya kalau semua orang saling memberitahu apa yang harus kamu kerjakan.
Paling penting adalah utamakan prioritasmu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain.
Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisimu. Selamat mencoba!

Pengirim : Admin
Kembali ke Atas

ARTIKEL LAINYA:
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : GeorgeFak -  [zhanna.suxotnikowa@mail.ru]  Tanggal : 19/09/2018
<a href=https://www.vzlomvb.com/>????? ?????? ????????? </a> - ????? ?????? ?????????, ?????? ?????? ???????????? viber.

Pengirim : SharonCoobe -  [hcv123fgc@sisemazamkov.com]  Tanggal : 19/09/2018
???????? ?????, ?????????? ??????????????? ???????. ???????? ? ???? ???????, ????????? ???????, ?????? ??????? ????????? ????? ??? ???, ??????? ????? ??????

<a href=https://hcv-forum.ru/page/kupit-hepcinat-iz-indii-vse-chto-nuzhno-znat-ob-etom-preparate-ot-gepatita-s-1/?lang=en>?????? ????????? ?? ???????? ? ? ?????</a>
<a href=https://hcv-forum.ru/pomoshch-s-dostavkoy-licenzirovannih-preparatov-f17/lekarstva-protiv-gepatita-s-v-indii-yavlyautsya-ekonomicheski-effektivnimi-pokazivaut-issledovanie-t1133.html>????????? ???????? ?? ???????? ?</a>

https://hcv-forum.ru/page/mpiviropack-sofosbuvir-sofosbuvir-kupit-instrukciya/?lang=en
https://hcv-forum.ru/vse-o-prepartah-dlya-lecheniya-gepatitov-f32/cofosbuvir-i-ledipasvir-pobejdaut-gepatit-s-t171.html

<a href=https://www.hcv-forum.ru/post89.html#p89>?????? ??????????</a>

Pengirim : online pharmacy -  [fpwk47@gmail.com]  Tanggal : 18/09/2018
what type of arthritis is most common in the elderly drug rehab clinics
<a href=http://onlinedrugstore.us.org >canadian pharmacy</a>
diseases that affect digestive system what cause of arthritis
<a href="http://canadian-drugstore.us.org">canadian pharmacy</a>

Pengirim : viagra without doctor prescription -  [slt43z@gmail.com]  Tanggal : 18/09/2018
allergy home remedies allergy headache
<a href=http://edwithoutdoctors.com/#>viagra without doctor prescription</a>
addicted what are the asthma symptoms
<a href="http://www.viagrawithoutadoctor.org/#">viagra without a doctor prescription</a>

Pengirim : Jeremybab -  [lngu79346@low.exiix.com]  Tanggal : 17/09/2018
<a href=http://www.chacarapaudalho.com.br/scripts/component.php?ne=1737>Buy Sustanon 250 Pills Online</a>
Go on a working day off. Web marketing can quickly take in your whole day, given that you're sitting while watching pc. This will make you fatigued, irritable and somebody that is not really good to be around. Take the time away and off to exercise or clear your thoughts and you'll get back to operate, well-rested and invigorated.
<a href=http://www.mullantechnology.com/images/backup.asp?ID=303-Injectable-Epidural-Steroids-Oxandrolone-P.R.L-Primobolan-High-Blood-Pressure/>Injectable Epidural Steroids</a>
Incorporate new web pages and articles into your internet site frequently to hold it refreshing. Search engine listings try to find new content when they crawl and index websites. Getting refreshing information indicates your site is listed once again, and refreshing, consistently up-to-date information can also help to increase your ranking in search engine results internet pages. Website link associated RSS feeds in your website as a great way to add refreshing articles frequently.
<a href=http://www.coloradorvparks.net/images/crypt.asp?yu=1317-Testosterone-Enanthate-Lethargy-Sustanon-250-Weight-Loss-Testosterone-Enanthate-Log>Testosterone Enanthate Lethargy</a>
Look for a tinnitus assist group of people, and go to a meeting. This surroundings is the right place to find the education and learning you want, along with the companionship and help from people who experience the identical signs while you do. Assist teams will assist you in learning how to manage with the daily challenges of ringing in the ears.
<a href=http://www.baika.com.br/js/string.php?y=2806>Turinabol Vs Oxandrolone</a>

Pengirim : viagra without doctor prescription -  [jqq34i@gmail.com]  Tanggal : 15/09/2018
what to use for arthritis pain in hands best hair loss products
<a href=http://viagrawithoutdoctorpres.org/#>viagra without a doctor prescription</a>
symptoms of gastrointestinal disease treatment for arthritis in the hands
<a href="http://viagrawithoutdoctorprescription.online/#">viagra without a doctor prescription</a>

Pengirim : canadian pharmacies -  [sotbhz@gmail.com]  Tanggal : 15/09/2018
arthritis association best treatment for arthritis
<a href=http://canadian-drugstore.us.org >canadian pharmacies</a>
meaning of medical treatment treatment for rheumatoid arthritis
<a href="http://canadian-drugstore.us.org">canadian pharmacy</a>

Pengirim : Agustinlar -  [mattresso5@gmail.com]  Tanggal : 14/09/2018
cost of generic viagra bangkok <a href=https://jud10.org/>viagra tv commercial models</a>
pfizer viagra coupons walgreens <a href=http://jud10.org/>viagra commercial black actress</a>
google viagra dosage recommendations <a href=https://jud10.org/>dosage of viagra for women</a>

when is generic viagra available in usa <a href="https://jud10.org/">viagra commercial woman in blue dress</a>
viagra commercial actress blue dress <a href="http://jud10.org/">liquid viagra for men side effects</a>
viagra without doctor prescription <a href="https://jud10.org/">dosage of viagra for men</a>

Pengirim : MichaelHob -  [malechkina.nastya@mail.ru]  Tanggal : 14/09/2018
<a href=https://www.whatstracker.org/>track whatsapp</a> - download program + for hacking watsapp, hack whatsapp

Pengirim : Agustinlar -  [mattresspt@gmail.com]  Tanggal : 13/09/2018
viagra samples coupons from pfizer <a href=https://jud10.org/>generic viagra 100mg price at walmart</a>
viagra prices cvs walgreens costco <a href=http://jud10.org/>viagra commercial model 2018</a>
what is generic name for viagra <a href=https://jud10.org/>generic viagra available date</a>

generic viagra 100mg cost <a href="https://jud10.org/">generic viagra cost walmart</a>
generic viagra 100mg sildenafil on ebay <a href="http://jud10.org/">viagra without a doctor prescription cost</a>
coupons for viagra 2018 <a href="https://jud10.org/">viagra without doctor prescription</a>


   Kembali ke Atas