Welcome To SMK Negeri 1 Bintan | SKANSA

Login Member

Register | Forgot password?
AGENDA KEGIATAN
21 January 2019
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
LINK
Merakit PCRadio Skansa Bintan FMUjian Online Padamu NegeriPas SMKDapodikInfo tentang Olimpiadebuku sekolah elektronikedukasi
STATISTIK
  Visitors : 248423 visitors
  Hits : 14544 hits
  Today : 14 users
  Online : 1 users
Administrator: pandawa55
Waka Kurikulum: nuraisyah
Waka Humas: hendrianto
SKANSA VOTE
Bagaimana Pendapatmu Tentang Ujian Nasional Online !!
Sangat Setuju
Setuju
Ya...Boleh lah
Belum Saatnya
  Lihat
Fitur apa yang paling anda sukai dalam Web ini?
Profil Sekolah
Info Sekolah
Konten Berita
Konten Artikel
Materi pelajaran
Video
  Lihat

Tips Belajar yang Efektif

Tanggal : 19/09/2010, dibaca 19590 kali.
Musim liburan sudah berlalu sekarang waktunya balik lagi ke sekolah.
Ada baiknya kamu buat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Persiapannya itu bukan hanya masalah buku tulis atau baju seragam saja, bahkan ada yang lebih penting lagi.

Pertama, tentukan target kamu di semester ini apa trus buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.

Nah, supaya target belajarmu lebih cepat golnya,
Kalian udah baca kan artikel Cara belajar Efektif yang kemarin? sekarang simak deh tips-tips dari teman kamu di seluruh dunia soal belajar yang efektif.


1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya.
Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3. Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya!

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran.
Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut.
Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah.
Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali.
Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

Memang bingung ya kalau semua orang saling memberitahu apa yang harus kamu kerjakan.
Paling penting adalah utamakan prioritasmu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain.
Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisimu. Selamat mencoba!

Pengirim : Admin
Kembali ke Atas

ARTIKEL LAINYA:
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : canadian pharmacy -  [ejkvfl@gmail.com]  Tanggal : 21/01/2019
arthritis natural cure gastrointestinal syndrome
http://canadian-drugstore.us.org canadian pharmacies
medical hair transplant gastrointestinal complaints
<a href="http://canadian-drugstore.us.org">canadian pharmacy</a>

Pengirim : Edwardalede -  [izedinovanatasha198079@mail.ru]  Tanggal : 20/01/2019
more information
<a href=https://t-rex-game.com/>chrome dino</a>

Pengirim : obvnmm -  [qjs51b@gmail.com]  Tanggal : 20/01/2019
viagra without a doctor prescription precio viagra mexico 2012 change healthcare plan
http://withoutdoctors.com/ - viagra without a doctor prescription
venereal infection symptoms
<a href="http://withoutdoctors.com/">viagra without a doctor prescription</a>
generic viagra u of i medical school

Pengirim : JeffryDaw -  [galina.1976wi3@mail.ru]  Tanggal : 20/01/2019
<a href=http://hydra2.market/>гидра зеркало сайта</a> - гидра зеркало, зеркало сайта гидра

Pengirim : Elump -  [febap@urx7.com]  Tanggal : 19/01/2019
It is also important that you just never run out of ink cartridges.
For this reason many individuals go for alternate merchandise reminiscent of compatible ink cartridges.

<a href=http://otcbpmeds.com/catalog/Blood_Pressure/Lanoxin.htm>drug interactions with digoxin</a>

However, they are still required to write down essays as part of their academic assignments.
Getting a man of art, he focused on aesthetics simply as a lot as in mechanics, and most would in relation to his cars as operates of artwork.

<a href=http://buylevitra24h.com/>levitra 20 mg canada</a>

Also, you need to decide on some pockets offered so you should use them in a good way.
Others are persuaded to buy complete life insurance coverage, which, in contrast to term, has a cash worth and may presumably be viewed as an investment.

http://wyszczekana.pl/f2013-ejmwlyfvuy-rmhdpajkyecxtbdy-v44384-rzlo/

fktrpr94f
Earlier than the water heater installation will be performed we need to disconnect the previous heater.
He showed us just how hot a laptop can get if it is not getting the ventilation it needs.

Pengirim : vor31q -  [hbii05@gmail.com]  Tanggal : 19/01/2019
viagra user experiences health care rates std symptoms chart
http://sildenafilcitrate.us.com/ - sildenafil citrate 100mg
the affordable healthcare act
<a href="http://sildenafilcitrate.us.com/#woebf.html">sildenafil citrate 100mg lowest price</a>
first aid course health insurance quotes online

Pengirim : online pharmacy -  [lgunvc@gmail.com]  Tanggal : 19/01/2019
signs of intestinal issues what is arthritis in the hand
http://canadian-drugstore.us.org canadian pharmacies
what are the symptoms of asthma allergy mask
<a href="http://canadian-drugstore.us.org">online pharmacy</a>

Pengirim : KennethCep -  [garsiya.5.8@mail.ru]  Tanggal : 19/01/2019
<a href=http://www.realprava.online>где купить водительские права</a> - водительские права с доставкой, где купить водительские права

Pengirim : qughui -  [ato62i@gmail.com]  Tanggal : 19/01/2019
brand viagra without a doctor prescription cialis tadalafil viagra std list and symptoms
http://sildenafilwithoutadoctor.org/ - viagra without a doctor prescription
affordable health coverage for individuals
<a href="http://sildenafilwithoutadoctor.org/#smkn1bintan.sch.idx80678 ">viagra without a doctor prescription</a>
cheap viagra obama care health insurance

Pengirim : Russelltaifs -  [madisonpearce10@gmail.com]  Tanggal : 19/01/2019
Привет! Класный у вас сайт!
Нашёл новости в сети:
http://enewz.ru/30662-na-sayte-gosuslug-poyavilas-vozmozhnost-ocenit-rabotu-bolnic.html <b> На сайте госуслуг появилась возможность оценить работу больниц </b>
http://enewz.ru/35343-v-sbu-podtverdili-obyski-v-eparhiyah-upc-mp.html
новости россии и мира сегодня http://enewz.ru/news/
<a href=http://enewz.ru/ekonomika/>россия экономика новости эксперты</a> экономика России прогноз экспертов последние новости
Ещё много интересного нашел тут: <b> новости дня экономика России </b> http://enewz.ru/


   Kembali ke Atas