Welcome To SMK Negeri 1 Bintan | SKANSA

Login Member

Register | Forgot password?
AGENDA KEGIATAN
19 July 2018
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
LINK
Merakit PCRadio Skansa Bintan FMUjian Online Padamu NegeriPas SMKDapodikInfo tentang Olimpiadebuku sekolah elektronikedukasi
STATISTIK
  Visitors : 213778 visitors
  Hits : 457 hits
  Today : 10 users
  Online : 1 users
Administrator: pandawa55
Waka Kurikulum: nuraisyah
Waka Humas: hendrianto
SKANSA VOTE
Bagaimana Pendapatmu Tentang Ujian Nasional Online !!
Sangat Setuju
Setuju
Ya...Boleh lah
Belum Saatnya
  Lihat
Fitur apa yang paling anda sukai dalam Web ini?
Profil Sekolah
Info Sekolah
Konten Berita
Konten Artikel
Materi pelajaran
Video
  Lihat

Tips Belajar yang Efektif

Tanggal : 19/09/2010, dibaca 18602 kali.
Musim liburan sudah berlalu sekarang waktunya balik lagi ke sekolah.
Ada baiknya kamu buat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Persiapannya itu bukan hanya masalah buku tulis atau baju seragam saja, bahkan ada yang lebih penting lagi.

Pertama, tentukan target kamu di semester ini apa trus buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.

Nah, supaya target belajarmu lebih cepat golnya,
Kalian udah baca kan artikel Cara belajar Efektif yang kemarin? sekarang simak deh tips-tips dari teman kamu di seluruh dunia soal belajar yang efektif.


1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya.
Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3. Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya!

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran.
Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut.
Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah.
Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali.
Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

Memang bingung ya kalau semua orang saling memberitahu apa yang harus kamu kerjakan.
Paling penting adalah utamakan prioritasmu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain.
Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisimu. Selamat mencoba!

Pengirim : Admin
Kembali ke Atas

ARTIKEL LAINYA:
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : Michaelged -  [waleriyawoxmincewa@mail.ru]  Tanggal : 18/07/2018
<a href=https://www.trackmessenger.org/>Messenger hacking services fb messenger</a> - Messenger hacking services fb messengertracking fb messenger, hacking fb messenger

Pengirim : canadian pharmacies -  [vpwj17@gmail.com]  Tanggal : 18/07/2018
drug addiction and treatment drug treatment
<a href=http://onlinedrugstore.us.org >canadian pharmacy</a>
allergy signs treatment for asthma attack
<a href="http://canadian-drugstore.us.com">canadian pharmacies</a>

Pengirim : Agustinlar -  [mattressr1@gmail.com]  Tanggal : 16/07/2018
viagra without a doctor prescription <a href=http://abernathylevine9.diowebhost.com/11609296/viagra-without-a-doctor-prescription-safe>viagra prices usa</a>
cost of generic viagra teva <a href=https://viagrawithoutadoctorprescription.com/>viagra generic 100mg for sale</a>
dose of viagra for men <a href=https://upharmacy24.com/>viagra generic names</a>

viagra for women commercial <a href="http://abernathyhove9.qowap.com/15109543/viagra-without-a-doctor-prescription-in-usa">viagra commercials 2018</a>
generic viagra from walmart <a href="https://viagrawithoutadoctorprescription.com/">what are the generic names for viagra</a>
cost of generic viagra at cvs <a href="https://upharmacy24.com/">viagra prices cvs</a>

Pengirim : Hollisser -  [yuliyavengrova92@mail.ru]  Tanggal : 16/07/2018
world site [url=https://ccfullzshop.com]cc fullz[/url]

Pengirim : viagra without a doctor's prescription -  [mctoxmi@gmail.com]  Tanggal : 16/07/2018
latex allergy symptoms www arthritis
<a href=http://viagrawithoutdoctorprescription.online>viagra without a doctor prescription</a>
cold allergy digestive tract problems
<a href="http://viagrawithoutdoctorprescription.online">viagra without a doctor prescription</a>

Pengirim : cialis online -  [ojw69j@gmail.com]  Tanggal : 16/07/2018
food allergy clinic causes of hair fall and treatment
<a href=http://genericcialis.online >tadalafil</a>
asthma protocol most common digestive problems
<a href="http://genericcialis.online">generic cialis</a>

Pengirim : online pharmacy -  [idvirg@gmail.com]  Tanggal : 15/07/2018
arthritis foods allergy types and symptoms
<a href=http://canadian-drugstore.us.org>online pharmacy</a>
gastrointestinal blockage arthritis management
<a href="http://onlinedrugstore.us.org">canadian pharmacy</a>

Pengirim : canadian pharmacy -  [tbvrtz@gmail.com]  Tanggal : 12/07/2018
milk allergy symptoms diseases found in the digestive system
<a href=http://onlinedrugstore.us.org>canadian drugstore</a>
gi ulcer gastrointestinal parasites
<a href="http://canadian-drugstore.us.org">online pharmacy</a>

Pengirim : tutstepttox -  [endersjhj@hotmail.com]  Tanggal : 12/07/2018
[url=http://www.pandorajewelrysite.us.com]pandora jewelry official site[/url]
[url=http://www.birkin-bag.us]hermes handbags[/url]
[url=http://www.jordan11winlike96.us.com]win like 96[/url]
[url=http://www.reebok-shoes.us.org]reebok outlet[/url]
[url=http://www.timberlandshoesuk.org.uk]timberland boots[/url]
[url=http://www.birkinbags.us.com]birkin bag[/url]
[url=http://www.longchamp-handbag.us]longchamp handbags[/url]
[url=http://www.jordan12s.us]jordan 12s[/url]
[url=http://www.supremehoodie.us]supreme clothing[/url]
[url=http://www.cortezshoes.us]cortez[/url]
[url=http://www.adidas-ultra-boost.us.com]ultra boost uncaged[/url]
[url=http://www.anellipandorait.com]pandora bracciali[/url]
[url=http://www.kyrie3s.us.com]kyrie 3 shoes[/url]
[url=http://www.kdshoes.com.co]kd shoes[/url]
[url=http://www.yeezy--shoes.us.com]yeezy shoes[/url]
[url=http://www.air-jordans.fr]jordan retro[/url]
[url=http://www.ecco-shoes.org.uk]ecco[/url]
[url=http://www.yeezyboost-350.fr]yeezy boost 350 v2[/url]
[url=http://www.yeezybeluga.us]yeezy beluga[/url]
[url=http://www.goyardbags.us.com]goyard wallet[/url]
[url=http://www.clarksshoesforwomen.us.com]clarks shoes for women[/url]
[url=http://www.kd10shoes.com.co]kd 10[/url]
[url=http://www.adidas-yeezy.us.org]adidas yeezy[/url]
[url=http://www.huarachenike.us.com]huaraches nike[/url]
[url=http://www.coachoutletclearances.us.com]coach outlet[/url]
[url=http://www.asicsgelquantum.fr]asics gel lyte [/url]
[url=http://www.gymred11.us.com]gym red 11[/url]
[url=http://www.vapormax.com.co]vapormax[/url]
[url=http://www.raybansunglasses-sale.us]ray-ban sunglasses[/url]
[url=http://www.mbt-clearance.us]mbt sandals[/url]
[url=http://www.kyrie4-shoes.us.com]kyrie 4 shoes[/url]
[url=http://www.kyrie3basketballshoes.us]kyrie 3[/url]
[url=http://www.pandorasjewelryofficialsite.us.com]pandora jewelry[/url]
[url=http://www.birkenstocks-shoes.us.com]birkenstock shoes[/url]
[url=http://www.redbottoms-shoes.us.com]louboutin shoes[/url]
[url=http://www.kd10-shoes.us]kd 10[/url]
[url=http://www.underarmouroutletonline.us.com]under armour shoes[/url]
[url=http://www.birkenstock-shoes.us.org]birkenstock sandals[/url]
[url=http://www.handbags-longchamp.us.com]longchamp bags[/url]
[url=http://www.red-bottoms-shoes.us]red bottom[/url]
[url=http://www.nikeairvapor.cz]nike air max[/url]
[url=http://www.superdry-uk.org.uk]superdry coats[/url]
[url=http://www.skechers-outletonline.us.com]skechers outlet[/url]
[url=http://www.yeezy-zebra.us]yeezy zebra v2[/url]
[url=http://www.adidasshoesforwomen.us.com]adidas shoes for men[/url]
[url=http://www.pandorajewelrycharms.com.co]pandora jewelry[/url]
[url=http://www.barbourjackets.us]barbour coats[/url]
[url=http://www.boostyeezy.us]yeezy boost[/url]
[url=http://www.poloralphlauren-femme.fr]polo ralph lauren pas cher[/url]
[url=http://www.adidas-outlets.us]adidas store[/url]
[url=http://www.hogansitoufficiale.com]hogan sito ufficiale[/url]
[url=http://www.airmax-uk.org.uk]nike uk[/url]
[url=http://www.huarache-shoes.us]nike air huarache[/url]
[url=http://www.jimmychoooutletshoes.us]jimmy choo outlet[/url]
[url=http://www.nikefactorystores.us.com]nike factory outlet[/url]
[url=http://www.schmuckpandorashop.de]pandora online[/url]
[url=http://www.timberland-outletstores.us.com]timberland shoes[/url]
[url=http://www.northfacejackets.ca]north face canada[/url]
[url=http://www.pandoraslevy.cz]pandora[/url]
[url=http://www.fitflopuk.org.uk]fitflop uk[/url]
[url=http://www.calvinkleinoutlet.us]calvin klein dresses[/url]
[url=http://www.nike-stores.de]nike air max[/url]
[url=http://www.poloralph.com.co]ralph lauren polo[/url]
[url=http://www.airjordan-shoes.us.org]air jordan[/url]
[url=http://www.underarmourclearance.us.com]under armour outlet online[/url]
[url=http://www.yeezyboost350cz.com]yeezy boost 350[/url]
[url=http://www.coachoutletfactory-store.us]coach factory outlet[/url]
[url=http://www.canadagooseofficiel.fr]canada goose pas cher[/url]
[url=http://www.pandora-charms-it.com]pandora[/url]
[url=http://www.air-huaraches.org.uk]nike huarache[/url]
[url=http://www.braceletspandora.fr]pandora soldes 2018[/url]
[url=http://www.sunglassesforwomen.us]ray ban sunglasses[/url]
[url=http://www.michaelkorshandbags-outlets.us]michael kors handbags[/url]
[url=http://www.nikeblackfriday.us.com]nike cyber monday[/url]
[url=http://www.soccer-cleats.us.com]indoor soccer shoes[/url]
[url=http://www.pandorascanada.com]pandora canada[/url]
[url=http://www.thenorthfaceoutletonline.us.com]north face outlet[/url]
[url=http://www.michaelkorsoutletonline-official.us]michael kors outlet online[/url]
[url=http://www.adidasyeezy.com.co]yeezy boost 350 v2[/url]
[url=http://www.asicsgellyte.us]asics gel[/url]
[url=http://www.skechers.us.org]skechers outlet[/url]
[url=http://www.nikeairmax97.fr]air max 97[/url]
[url=http://www.moncleritalia-sitoufficiale.com]piumini moncler[/url]
[url=http://www.christianlouboutinredsoles.us]christian louboutin outlet[/url]
[url=http://www.hyperdunk2017.org]nike hyperdunk[/url]
[url=http://www.kobe-12.us.com]kobe shoes[/url]
[url=http://www.pandoraus.us.com]pandora[/url]
[url=http://www.vapor-max.co.uk]vapormax[/url]
[url=http://www.fitflopus.us.com]fit flops[/url]
[url=http://www.hoganscarpeonlineit.com]hogan outlet online[/url]
[url=http://www.official-pandorajewelry.us.com]pandora jewelry[/url]
[url=http://www.kevindurantshoes.com.co]nike kd[/url]
[url=http://www.offwhitevapormax.us]off white vapormax[/url]
[url=http://www.jimmychoooutlets.us.com]jimmy choo shoes[/url]
[url=http://www.louboutinshoes-outlet.us.com]louboutin shoes[/url]
[url=http://www.vapormax-2018.us.com]air vapormax[/url]
[url=http://www.pandoracharmuk.org.uk]pandora charms[/url]
[url=http://www.birkenstockssandals.us.com]birkenstock shoes[/url]
[url=http://www.canada-michaelkors.com]michael kors canada[/url]
[url=http://www.longchamp-outlets.us]longchamp bags[/url]

Pengirim : Davidparne -  [mariyamilenina@mail.ru]  Tanggal : 12/07/2018
[url=https://shopsellcardsdumps.com]buy dumps[/url] - valid shop, cvv shop


   Kembali ke Atas